Jumat, 01 Januari 2010

PENDIDIKAN

Cara Membuat Page Pada Blog Atau Website

Membuat sebuah page atau halaman pada wordpress tidaklah jauh berbeda dengan membuat sebuah posting, yang membedakan antara sebuah halaman / pages dengan posting ialah :

Perbedaan Sebuah Posting dan Page

Bahwa page bersifat statis ( tetap ) dan kebanyakan di tempatkan pada bagian atas tampilan blog kita, sedangkan posting bersifat dinamis ( berubah ) postingan terbaru pasti berada di bagian atas dan posting yang lama akan di bawahnya sesuai dengan tanggal pembuatannya dan di tempatkan pada bagian body.

Postingan selalu memiliki kolom komentar dan page tidak memiliki kolom komentar, kecuali halaman berbayar dengan sedikit edit template ‘ single page ‘.

Page tidak berkategori sedangkan posting selalu berkategori.

Page tidak memiliki tag sedangkan posting memiliki tag, dan page memiliki kualitas SEO yang rendah.

Cara Membuat Page :

* Login di wordpress anda hingga terbuka di halaman dashboard anda (dashboard=halaman depan ruang admin sebuah blog).

* Lihat pada sidebar bagian kiri, sorot mouse anda pada bagian ‘ Halaman’ atau ‘ Page ‘ tergantung bahasa blog yang anda pakai.

* Akan muncul ‘ Tambahkan Halaman Baru ‘ , berilah sebuah judul pada kotak di bawahnya.

* Pelajari fungsi – fungsi bar yang tersedia, jika anda menguasai Microsoft Word saya yakin anda sudah paham dengan fitur – fitur dalam membuat postingan, jadi tidak perlu saya jelaskan panjang lebar lagi.

* Memotong Posting : jika tulisan anda terlalu panjang dan anda biarkan begitu apa adanya maka ketika tulisan itu di terbitkan / di publikasikan akan terlihat sangat panjang dan kurang enak di lihat dalam sudut pandang desain. Tulisan tersebut hendaklah di potong agar sesuai , istilah nya adalah insert more tag / blogquote. Caranya : letakkan kursor anda pada tulisan yang akan di potong lalu klik insert more tag atau ALT + SHIFT + T.

* Ukuran Font : untuk membuat kuran font yang berbeda, Wordpress tidak memberikan ukuran dalam bentuk angka , misalkan ukuran 12, 14, 16 dst, Maka untuk mengganti ukuran font menggunakan bar di bawah tanda B format default adalah paragraf, anda bisa menggantinya dengan Heading 1, Heading 2 atau terserah anda menyesuaikan dengan kebutuhan.

* Jika telah selesai persiapan untuk postingan yang terakhir adalah mempublish atau klik publish, dengan begitu tulisan anda akan muncul dalam blog anda dan akan bisa di lihat oleh semua pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar